Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulThe Application Of Partner Reading Strategy In Improving Reading Comprehension Of The Eight Grade Students At SMP Negeri 1Toribulu (penerapan Strategi Membaca Berpasangan Dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Pada Siswa Kelas VIII Pada SMP Negeri 1Toribulu )
Nama: REKA MAULIDINA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRACT Reka Maulidina (A 121 14 052). “The Application of Partner Reading Strategy in Improving Reading Comprehension of the Eighth Grade Students at SMP Negeri 1 Toribulu.” Skripsi, English Education Study Program, Language and Art Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Under the supervision of Ferry Rita. The objective of this research is to find out that the Application of Partner Reading Strategy improves students’ reading comprehension. The population was the grade Eight students at SMP Negeri 1 Toribulu. The researcher used quasi- experimental design. The researcher sample were VIII A as the experimental group which consisted of 28 students and VIII B as the control group which consisted 28 student. The test was administered twice: pre test and post test. The data were analyzed statically in order to find out the significant achievement of the students in the pre test and the post test. The experimental group was given the treatment by applying Partner Reading Strategy, while the control group was taught reading descriptive text with conventional strategy. The instrument used in collecting data was a test given as pre-test and post-test. The result of tests shows that the mean score of experimental group was 88.0 from 52,3 in the pretest, and the control group was 75 from 54,5 in the pretest. This score shows that the mean score of the experimental group is higher than the mean score of the control group on posttest. By applying one-tailed test at 0.05 level of significance with 54 degree of freedom (df), it is found that, the tcounted value of (1,87) is greater than ttable value (1.67). It confirms that, the research hypothesis was accepted. Based on the result, it concludes that, Partner Reading Strategy improves students’ reading comprehension at the eight grade students of SMP Negeri 1 Toribulu. Keywords: Reading Comprehension, Partner Reading Strategy ABSTRAK Reka Maulidina (A 121 14 052). “Penerapan Strategi Membaca Berpasangan dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Toribulu.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Di bawah Bimingan Ferry Rita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa Penerapan Strategi Membaca Berpasangan meningkatkan pemahaman bacaan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Toribulu. Peneliti menggunakan desain eksperimen semu. Sampel peneliti adalah VIII A sebagai kelompok eksperimen yang terdiri dari 28 siswa dan VIII B sebagai kelompok kontrol yang terdiri dari 28 siswa. Tes dilakukan dua kali: pre test dan post test. Analisis data dilakukan secara statistik untuk mengetahui pencapaian signifikan siswa pada pre test dan post test. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan menerapkan Strategi Membaca Berpasangan, sedangkan kelompok kontrol diberi perlakuan membaca teks deskriptif trategi convensional. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes yang diberikan sebagai pre-test dan post-test. Hasil tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 88.0 dari 52,3 pada saat pretest, dan kelompok kontrol adalah 75 dari 54,5 pada saat pretest. Skor ini menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada skor rata-rata kelompok kontrol pada posttest. Dengan menggunakan uji satu sisi pada taraf signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan 54 (df) diperoleh nilai thitung (1,87) lebih besar dari nilai t tabel (1,67). Hal tersebut menegaskan bahwa, hipotesis penelitian diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Strategi Membaca Berpasangan meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Toribulu. Kata kunci: Pemahaman membaca, Strategi Membaca Berpasangan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up