JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS SISWA KELAS SEBELAS MEALALUI PROBLEM-SOLVING ACTVITIES DI SMA NEGERI 2 PALU |
Nama: JOSHUA TRI IRIANTO KOLLY |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Joshua Tri Irianto Kolly, (2018), MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS SEBELAS MELALUI AKTIVITAS MENYELESAIKAN MASALAH DI SMA NEGERI 2 PALU, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, dibawah bimbingan Konder Manurung dan Mashuri. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah penerepan Aktivitas Menyelasaikan Masalah dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas sebelas di SMA Negeri 2 Palu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 4 yang berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas control. Kedua kelas ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti menerapkan desain penelitian quasi-experimental dimana kedua kelas tersebut diberikan pra-tes dan pasca-tes. Dari hasil tes terlihat peningkatan dimana nilai rata-rata kelas eksperimen sebelum perlakuan adalah 45,1 sementara kelas control adalah 49. Setelah diberikan perlakuan, nilai rata-rata grup eksperimen adalah 61.16 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 55.29.Hasil tes tersebut dianalisa secara statistik dengan menerapkan formula t-test. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai hitung t (3.85) lebih tinggi dibandingkan nilai table t (1,67) pada tingkat signifikan (p) = 0,05 dan derajat kebebasan (df) 52. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Artinya, Aktivitas Menyelesaikan Masalah dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas sebelas di SMA Negeri 2 Palu secara signifikan. Istilah Kunci: Meningkatkan; Kemampuan Berbicara; Aktivitas Menyelesaikan Masalah, Diskusi |