JudulMengembangkan Keterampilan Menulis Siswa Di Kelas XI MAN 1 Palu Melalui Penulisan Buku Harian |
Nama: Muh. Syarqawy Ladoma |
Tahun: 2019 |
Abstrak Muh. Syarqawy Ladoma (A 121 14 021) Skripsi ini berjudul "Mengembangkan Keterampilan Menulis Siswa di Kelas XI MAN 1 Palu". Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas Tadulako. Itu di bawah pengawasan Ferry Rita dan Abdul Waris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan buku harian menulis siswa kelas sebelas di MAN 1 Palu dapat mengembangkan keterampilan menulis siswa atau tidak. Peneliti menerapkan desain eksperimen semu yang melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 1 Palu. Peneliti memilih sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa XI MIA 2 (kelompok eksperimen) dan XI MIA 3 (kelompok kontrol) yang keduanya terdiri dari 25 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes (pre-test dan post-test). Kelompok eksperimen diperlakukan dengan menerapkan penulisan buku harian sementara strategi tidak digunakan oleh kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test. Peneliti menemukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil kelompok eksperimen. Itu dibuktikan dengan menerapkan hipotesis pengujian. Peneliti menemukan bahwa t-hitung 2,66 lebih tinggi dari t-tabel 2.0106. Ini berarti hipotesis diterima. Kesimpulannya, penggunaan menulis buku harian efektif untuk mengembangkan keterampilan menulis siswa kelas sebelas di MAN 1 Palu. Kata kunci: Diary, Keterampilan Menulis, Berkembang. |