JudulThe Effectiveness Of Using Small Group Interaction In Teaching Reading Comprehension To Grade Seven Students At SMP Negeri 9 Palu. (Efektivitas Menggunakan Interaksi Kelompok Kecil Dalam Mengajar Pemahaman Membaca Kepada Siswa Kelas Tujuh Di SMP Negeri 9 Palu) |
Nama: ABDUL GAFUR BAS |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Abdul Gafur Bas, A12113151, Efektivitas Menggunakan Interaksi Kelompok Kecil dalam mengajar pemahaman membaca Kepada Siswa kelas tujuh di SMP Negeri 9 Palu, dibawah bimbingan Ferry Rita Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan teknik interaksi kelompok kecil efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca pada siswa kelas tujuh di SMP Negeri 9 Palu. atau tidak. Penelitian ini mengggunakan desain penelitian semu eksperimental yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa dan kelas VII A sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 30 siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Data penelitan dikumpul melalui test. Tes terdiri dari pre-tes dan post-tes. Perlakuan hanya diberikan kepada kelas eksperimen. Data dianalisa secara statistik untuk mengetahui perbedaan signifikan pencapaian siswa dalam pre-tes dan pos-tes. Skor rata-rata pre-tes kelas experimen adalah 65.52, sedangkan kelas kontrol adalah 69.52. Skor rata-rata post-tes kelas experimen adalah 77.05 sedangkan kelas kontrol adalah 74.76. Dengan menggunakan taraf signifikansi 0.05 dan 58 derajat kebebasan, peneliti menemukan bahwa nilai dari t-hitung (2.73) lebih tinggi dari nilai t-tabel (1.672). Ini menujukkan bahwa hipotesis diterima. Dengan kata lain penggunaan Teknik Interaksi Kelompok Kecil efektif dalam mengajar pemahaman membaca kepada siswa kelas tujuh di SMP Negeri 9 Palu. Kata kunci: Efektivitas, Interaksi Kelompok Kecil, Pemahaman Membaca. |