JudulMengembangkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII Melalui Dialog Pendek Di SMP Negeri 12 Palu |
Nama: Vidya Arista Amu |
Tahun: 2019 |
Abstrak Vidya Arista Amu (2019). Mengembangkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII Melalui Dialog Pendek di SMP Negeri 12 Palu, di bawah pengawasan Mawardin M. Said dan Mashuri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan dialog dalam mengembangkan keterampilan berbicara siswa kelas delapan di SMP Negeri 12 Palu. Peneliti menerapkan desain penelitian pra-eksperimental. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Palu. Peneliti memilih siswa kelas dua SMP Negeri 12 Palu sebagai populasi penelitian ini. Itu terdiri dari dua kelas paralel; VIII A dan VIII B. Sampelnya adalah 50 siswa. Dalam mengumpulkan datanya, ia menggunakan tes pretest dan posttest. Pretest diberikan sebelum memperlakukan siswa. Perlakuan kepada siswa dalam enam kali dengan topik yang berbeda dengan menggunakan dialog pendek. Posttest dimaksudkan untuk mengukur kemampuan siswa dalam berbicara setelah perawatan. Dalam menguji kemampuan berbicara siswa, peneliti mempertimbangkan kelancaran dan akurasi mereka. Data dianalisis secara statistik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Dengan menerapkan tingkat signifikansi 0,05, peneliti menemukan bahwa t-hitung 11,82 lebih tinggi dari t-tabel 24 (1,711). Dapat disimpulkan bahwa hipotesis peneliti diterima dengan kata lain dialog singkat efektif diterapkan dalam mengembangkan keterampilan berbicara siswa di kelas delapan siswa SMP Negeri 12 Palu. Kata Kunci: Kemampuan Berbicara; dialog singkat. |