Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas Tujuh Di SMP Labschool Untad Palu Dengan Menggunakan Permainan Domino.
Nama: DAHRIA
Tahun: 2019
Abstrak
Dahria (A 121 13 121). “Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa di Kelas VII SMP Labschool Untad Palu Dengan Menggunakan Permainan Domino”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Departemen Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, di bawah pengawasan Abdul Waris dan Mashuri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan permainan Domino dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa di kelas tujuh SMP Labshool Untad Palu atau tidak. Penelitian ini berlangsung di SMP Labschool Untad Palu dan menggunakan desain penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian adalah VII F sebagai kelompok eksperimen dan VII D sebagai kelompok kontrol. Mereka dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data adalah pre test dan post test. Data dianalisis secara statistik untuk mengetahui signifikansi prestasi siswa di kedua pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dari penguasaan kosakata siswa setelah menerapkan teknik permainan Domino kepada siswa. Berdasarkan analisis data tes, ditemukan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen sebelum perlakuan adalah 57,39 sedangkan kelompok kontrol adalah 61,30. Setelah perawatan, nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 80,43 dan kelompok kontrol adalah 70,43. Mengacu pada nilai tabel dengan menerapkan derajat kebebasan (df) 44 (23 + 23-2) dan tingkat signifikansi 0,05, peneliti menemukan bahwa hasil t-hitung adalah 6,20 lebih tinggi daripada t-tabel 2,01. Ini berarti hipotesis diterima. Menggunakan teknik Domino Game dapat meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa kelas tujuh SMP Labschool Untad Palu. Kata kunci: Meningkatkan, Penguasaan Kosakata, dan Permaina Domino

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up