Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Tekhnik Pre-questioning Dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Teks Naratif Siswa Kelas Dua Di SMP Negeri 7 Palu.
Nama: Windasari
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Windasari (A 121 13 046). Pengaruh tekhnik pre-questioning dalam meningkatkan pemahaman membaca teks naratif siswa kelas dua di SMP Negeri 7 Palu. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, dibawah bimbingan Sriati Usman dan Anjar Kusuma Dewi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tekhnik pre questioning dapat meningkatkan keterampilan membaca teks naratif kepada siswa kelas dua di SMP Negeri 7 Palu atau tidak. Peneliti menerapkan desain penelitian quasi-experimental dengan 46 siswa sebagai sampel. Sampel dari penelitian ini yaitu VIIIC sebagai kelompok eksperimen dan VIIA sebagai kelompok kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yaitu tes yang dibagi menjadi pretest dan posttest. Data yang dikumpul dianalisis secara statistik. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari prestasi siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Dapat dibuktikan dengan melihat nilai rata-rata dari kedua hasil test dimana nilai rata-rata dari kelompok eksperimen meningkat secara signifikan dari 59.30 menjadi 84.86.sementara itu, nilai rata-rata kelompok kontrol meningkat dari 62.69 menjadi 72.17. Berdasarkan hasil dari pretest dan posttest, peneliti menemukan nilai t-hitung (6.77) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai t-table (1.681). Itu berarti hipotesis penelitian diterima. Dengan kata lain, penggunaan tekhnik pre-questioning meningkatkan pemahaman membaca pada siswa kelas dua di SMP Negeri 7 Palu. Kata kunci: Pengaruh, Pemahaman Membaca, Tekhnik Pre- Questioning, Teks Naratif.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up