JudulPENGGUNAAN POWER STRATEGY UNTUK MENINGKATAKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS RECOUNT PADA SISWA SMPN 2 PALU |
Nama: YUNINGSIH TOYO |
Tahun: 2019 |
Abstrak Yuningsih Toyo (A 121 13 042). “Penggunaan POWER strategi untuk meningkatkan kemampuan menulis teks recount pada siswa SMPN 2 Palu”, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Bahasa dan Seni, Program Studi Bahasa Inggris, dibimbing oleh Konder Manurung dan Budi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah POWER strategi dapat meningkatkan keterampilan menulis teks recount kepada siswa kelas dua di SMP Negeri 2 Palu atau tidak. Peneliti menerapkan desain penelitian quasi-experimental dengan 56 siswa sebagai sampel. Sampel dari penelitian ini yaitu VIII F sebagai kelompok eksperimen dan VIII G sebagai kelompok kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yaitu tes yang dibagi menjadi pretest dan posttest. Data yang dikumpul dianalisis secara statistik. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari prestasi siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Dapat dibuktikan dengan melihat nilai rata-rata dari kedua hasil test di mana nilai rata-rata dari kelompok eksperimen meningkat secara signifikan dari 36.11 menjadi 70.23. Sementara itu, nilai rata-rata kelompok kontrol meningkat dari 37.30 menjadi 56.74. Berdasarkan hasil dari pretest dan posttest, peneliti menemukan nilai t-counted (6.01) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai t-table (1.59). Itu berarti hipotesis penelitian diterima. Dengan kata lain, penggunaan POWER strategi meningkatkan kemampuan menulis pada siswa kelas dua di SMP Negeri 2 Palu. Kata Kunci: Meningkatkan; Kemampuan Menulis; Paragraf; Teks Recount; POWER Strategi. |