JudulPENGGUNAAN TEKNIK KLASTERING UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN SISWA KELAS VIII DALAM TEKS REKENING MENULIS DI SMP NEGERI 2 PALU |
Nama: MOHAMAD HABIL |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Mohamad Habil A 121 12 191. Penelitian ini berjudul Penggunaan Teknik Clustering untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas VIII dalam Menulis Teks Recount di SMP Negeri 2 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Guru dan Pendidikan, Universitas Tadulako. Di bawah Pengawasan Jamiludin dan Budi. Penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penggunaan teknik clustering meningkatkan prestasi siswa kelas VIII dalam menulis teks recount. Peneliti menggunakan desain eksperimen semu yang melibatkan kelompok eksperimen dan kontrol, kedua kelompok ini diberi pretest dan posttest. Populasi penelitian adalah kelas VIII di SMP Negeri 2 Palu. Peneliti memilih sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Mereka adalah VIII H dan VIII I yang terdiri dari 32 siswa untuk setiap kelompok. Kelompok eksperimen adalah kelas VIII H dan kelompok kontrol adalah kelas VIII I. Instrumen pengumpulan data terdiri dari pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t-hitung (14,81) sedangkan t-tabel (0,0194) dengan menerapkan tingkat signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan (df) adalah 62. Dengan demikian, penggunaan teknik clustering dapat meningkatkan siswa kelas VIII. Prestasi dalam penulisan teks recount di SMP Negeri 2 Palu. |