JudulMENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DALAM TEKS PROSEDUR SISWA KELAS 9 DENGAN MENGGUNAKAN YOUTUBE VIDEO DI SMP 19 PALU |
Nama: LIVIANY POTABUGA |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Liviany Potabuga A 121 12 184. Penelitian ini berjudul Meningkatkan Keterampilan Menulis dalam Teks Prosedur Siswa Kelas Sembilan oleh Uisng Youtube Video di SMP Negeri 19 Palu. Di bawah Pengawasan Ferry Rita dan Maf'ulah. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas video youtube untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam teks prosedur siswa kelas sembilan di SMP Negeri 19 Palu. Peneliti menggunakan desain eksperimen semu yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian adalah siswa kelas sembilan di SMP Negeri 19 Palu. Peneliti memilih sampel dengan menggunakan teknik cluster sampling. Sampel penelitian adalah kesembilan B dan kesembilan C yang terdiri dari 14 siswa. Kesembilan B adalah kelompok eksperimen dan kesembilan C adalah kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data adalah tes yang terdiri dari pre-test dan post-test. Dengan menerapkan tingkat signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan (df) adalah 26, ditemukan bahwa nilai t-hitung (5,490) lebih besar dari t-tabel (1,705). Ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Kesimpulannya, menggunakan video youtube dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam teks prosedur. Kata kunci: Menulis, Keterampilan, Video Youtube, Teks Prosedur. |