Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Talking Stick Method Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 19 Palu
Nama: DWI LUTVIANI
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Dwi Lutviani (A12112002). Skripsi ini berjudul “Penerapan Metode Tongkat Berbicara Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas Delapan di SMP Negeri 19 Palu”. Penelitian ini dibawah bimbingan Anshari Syafar dan Shalehuddin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode tongkat berbicara memiliki efek yang signifikan untuk mengembangkan kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu. Sampel dari penelitian ini dipilih dengan menerapkan purposive sampling. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan metode tongkat berbicara sementara kelas kontrol tidak. Hasil menunjukkan bahwa metode tongkat berbicara bisa diterapkan untuk mengembangkan kemampuan berbicara siswa. Itu dibuktikan dari hasil proses mengajar di kelas eksperimen bahwa nilai rata-rata dari post-test adalah 59,89 dan pre-test 44,27 yang mana lebih tinggi dari nilai rata-rata dari post-test kelas kontrol adalah 47,39 dan pre-test 39,58. Dengan demikian, ada perbedaan yang signifikan diantara siswa-siswa yang diajar menggunakan metode tongkat berbicara dan siswa-siswa yang tidak. T-tes menunjukkan bahwa nilai dari t-amati (3,36) yang mana lebih tinggi dari t-tabel (1,697). Itu berarti hipotesis dari penelitian ini diterima. Singkatnya, metode tongkat berbicara efektif untuk diterapkan dalam mengajar Bahasa Inggris untuk mengembangkan kemampuan berbicara siswa. Kata kunci: Penerapan, Metode Tongkat Berbicara, dan Kamampuan Berbicara ?

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up