| JudulPenerapan Bahasa Persuasif Dalam Mencegah Perundungan Verbal Pada Peserta Didik SMP Negeri 19 Palu |
| Nama: MUTMAINNA |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Mutmainna A 112 23 006. Penerapan Bahasa Persuasif dalam Mencegah Perundungan Verbal Pada Peserta Didik SMP Negeri 19 Palu. Tesis Pascasarjana Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Tadulako. Pembimbing Utama Moh. Tahir dan Pembimbing Anggota Ulinsa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis perundungan verbal yang terjadi di SMP Negeri 19 Palu serta mengevaluasi strategi penggunaan bahasa persuasif dalam mencegah tindakan tersebut. Fenomena perundungan verbal menjadi perhatian serius karena berdampak langsung terhadap psikologis, interaksi sosial, dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner terhadap 103 peserta didik, guru BK, wali kelas, dan guru Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan dua bentuk utama perundungan verbal, yaitu ejekan dan hinaan, yang umumnya ditujukan pada penampilan fisik, latar belakang keluarga, kemampuan akademik, hingga stereotip gender. Strategi pencegahan dilakukan melalui penerapan bahasa persuasif yang mencakup bentuk ajakan, imbauan, nasihat, motivasi, dan afirmasi positif. Bahasa persuasif terbukti mampu membangun empati, meningkatkan kepercayaan diri korban, dan mendorong terciptanya lingkungan sekolah yang lebih aman dan suportif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan komunikasi persuasif dapat menjadi solusi efektif dalam mencegah perundungan verbal di lingkungan pendidikan. Kata Kunci: Perundungan Verbal, Bahasa Persuasif, Strategi Pencegahan, Lingkungan Sekolah |