Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGUATAN WAWASAN LOKAL MASYARAKAT BALI DI DAERAH PERANTAUAN (STUDI KASUS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM GENDING RARE) : KAJIAN HERMENEUTIKA
Nama: KADEK ADI MAHERA
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Kadek Adi Mahera A 112 23 005, Penguatan Wawasan Lokal Masyarakat Bali di Daerah Perantauan (Studi Kasus Nilai Pendidikan Karakter dalam Gending Rare): Kajian Hermeneutika. Tesis Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Gazali Lembah dan Juniati. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Gending Rare serta memahami makna yang terdapat di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan pendekatan hermeneutika Palmer guna menafsirkan makna dalam syair Gending Rare, yang meliputi lagu Putri Cening Ayu, Juru Pencar, Meong-Meong, dan Dadong Dauh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu Putri Cening Ayu mengandung 11 nilai pendidikan karakter, di antaranya religius, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Lagu ini mengandung makna kekeluargaan, kedisiplinan, tanggung jawab serta kemandirian anak dalam membantu orang tua. Lagu Juru Pencar memuat 13 nilai pendidikan karakter, termasuk religius, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Lagu ini mempunyai makna pentingnya kebersamaan, disiplin, tanggung jawab, serta kerja keras dalam menjalankan tugas. Sementara itu, lagu Meong-Meong mengandung 7 nilai pendidikan karakter, yakni religius, disiplin, kerja keras, mandiri, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Lagu ini mempunyai makna strategi, disiplin, dan kerja keras, serta pentingnya menjalankan tanggung jawab dalam menghadapi tantangan hidup. Lagu Dadong Dauh mengandung 10 nilai-nilai pendidikan karakter seperti religius, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, menghargai prestasi, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Makna dalam lagu ini menekankan pentingnya ketekunan, kerja keras, tanggung jawab, serta kedisiplinan. Kata Kunci : Wawasan Lokal, Gending Rare, Nilai Pendidikan Karakter

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up