Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK
Nama: EKA WAHYUNI
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan keterampilan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 2 Tatura. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture berbantu media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada siswa kelas V SDN 2 Tatura. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Tatura yang berjumlah 32 orang siswa, yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki dua siklus, yang setiap siklus memiliki empat tahap, yaitu (a)perencanaan, (b)pelaksanaan tindakan, (c)obsevasi, (d) refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 24 orang dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 8 orang dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 75%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 32 orang dan tidak ada siswa yang tidak tuntas sehingga diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 100%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture berbantuan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa Kelas V SDN 2 Tatura. Kata kunci: Model Picture and Picture, Keterampilan Menyimak Siswa, Bahasa Indonesia

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up