Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN PENDEKATAN SAINTIFIK (PROBLEM BASED LEARNING) DI KELAS XI IPA 2 SMAN 1 BALINGGI
Nama: LUH MITHA WIDIANTARI
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Luh Mitha Widiantari A 112 21 012, Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik (Problem Based Learning) di Kelas XI IPA 2 SMAN 1 Balinggi. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Ali Karim dan Gusti Ketut Alit Suputra. Permasalahan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran yang konvensional membuat siswa merasa bosan dalam kegiatan pembelajaran sehingga guru bidang studi bahasa Indonesia di kelas XI IPA 2 memadukan antara model problem based learning dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan pendekatan saintifik (problem based learning) dan kendala-kendala yang dialami guru dalam menerapkan pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan pendekatan saintifik (problem based learning) di Kelas XI IPA 2 SMAN 1 Balinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan pendekatan saintifik (problem based learning) di kelas XI IPA 2 SMAN 1 Balinggi terlaksana dengan baik. Hal ini dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis aktivitas siswa. Pelaksanaan pembelajaran selama delapan kali pertemuan adalah 3,59 yang berada pada kategori sangat baik sedangkan hasil analisis aktivitas siswa adalah 78?n telah memenuhi kriteria aktivitas siswa secara klasikal yaitu ? 70% siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Nilai siswa kelas XI IPA 2 juga telah memenuhi KKM yang ditentukan oleh sekolah. Selain itu pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan pendekatan saintifik (problem based learning) di kelas XI IPA 2 SMAN 1 Balinggi sudah memenuhi standar pendekatan saintifik dan model problem based learning, guru sudah melaksanakan langkah-langkah pembelajaran yang terdapat pada pendekatan saintifik dan model problem based learning dengan baik.Terdapat kendala-kendala yang dialami guru bahasa Indonesia di kelas XI IPA 2 dalam menerapkan pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan pendekatan saintifik (problem based learning) meliputi : membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pembelajaran, kesiapan siswa dalam menerima pembelajaran, dan juga alat belajar media pembelajaran yang kurang lengkap. Kata Kunci : Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pendekatan Saintifik, Problem Based Learning

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up