Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KAMPUNG BARU KECMATAN BULUTABA KABUPATEN PASANGKAYU
Nama: NUR HIDAYAH
Tahun: 2023
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran menulis karangan narasi melalui media audio visual dan model pembelajaran Problem Based Learing. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan terdiri dari dua siklus dan masing masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi hasil pengamatan. Data yang diperoleh berupa skor atau nilai tes, terdiri atas kondisi awal, nilai siklus 1, dan nilai siklus 2. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskripsi komparatif yaitu membandingkan nilai kondisi awal, nilai siklus 1, dan siklus 2. Berdasarkan tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa media audio visual dan model pembelajaran Problem Based Learing dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas VI SD Negeri Kampung Baru. Hasil observasi pada penggunaan media audio visual dan model pembelajaran Problem Based Learing, aktivitas siswa ternyata mempunyai relevansi yang baik untuk menunjang peningkatan hasil belajar pembelajaran menulis karangan narasi. Rata-rata tes hasil belajar pembelajaran menulis karangan narasi pada kondisi awal dibawah 50% pada siklus 1 adalah 60%, dan siklus 2 adalah 80%. Untuk mengintensifkan penggunaan media audio visual dan model pembelajaran Problem Based Learing pada pembelajaran menulis karangan narasi kepada guru disarankan penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai panduan guru dalam pembelajaran menulis karangan pendidikan dasar. Kepada siswa penelitian ini disarankan agar dapat meningkatkan hasil belajar menulis karangan maka perlu motivasi dan pengalaman baru. Kepada pihak sekolah disarankan dapat memberikan masukan pada sekolah untuk meningkatkan hasil belajar melalui penerapan model-model pembelajaran yang inovatif. kata kunci: karangan narasi, auidio visual, problem based learning, kelas VI

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up