Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulDiksi Dalam Iklan Anak-anak Di Televisi (kajian Sosiolinguistik)
Nama: ZILFAH
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Zilfah. A 112 21 007. Diksi Dalam Iklan Anak-Anak Di Televisi (Kajian Sosiolinguistik). Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Syamsuddin dan Moh. Tahir Kalimat iklan beraneka bentuk, warna, dan bahasa. Hal ini menunjukan bahwa perkembangan bahasa suatu bangsa tergantung pada masyarakat pemakainya. Adanya kalimat iklan yang beraneka bentuk membuat peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian yang berhubungan dengan variasi bahasa dalam iklan anak-anak di televisi. Iklan televisi dikaji dari sudut pandang studi bahasa karena menggunakan bahasa sebagai sarana penyampai pesan, dengan kata lain terdapat penggunaan bahasa dalam sebuah paket iklan televisi. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan jenis diksi apa saja yang terdapat dalam iklan anakanak di televisi. 2) mendeskripsikan penggunaan diksi dalam iklan anak-anak di televisi Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa 1). jenis diksi dalam iklan anakanak lebih banyak menggunakan kata denotasi dan konotasi serta kata umum dan kata khusus. 2). Penggunaan diksi terdiri beberapa unsur ketetapan, kesesuaian, dan kelaziman, dalam analisis ini, sudah memenuhi kriteria iklan yang baik. Akan tetapi, penggunaan bahasa iklan di televisi swasta Indonesia, lebih di tonjolkan unsur kelaziman pilihan kata. Kata Kunci: Diksi, Iklan Anak

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up