JudulPENERAPAN MEDIA KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN LITERASI TULISAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TOJO |
Nama: MOH RIDWAN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Moh. Ridwan 2024. Penerapan Media Kontekstual Dalam Meningkatkan Literasi Tulisan Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Tojo. Tesis, Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ulinsa dan Sitti Harisah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan literasi tulisan menulis teks deskripsi siswa kelas VII A SMPN 1 Tojo menggunakan media kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi beberapa tahap, yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Tojo tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 12 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan siswa kelas VII A SMPN 1 Tojo dalam menulis teks deskripsi menggunakan media kontekstual dan metode produktif mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian tindakan siklus I menunjukkan hasil observasi aktivitas guru 82,82%, hasil observasi aktivitas siswa 75%, hasil tes persentase ketuntasan belajar klasikal siswa 65?rada dalam kategori cukup dan nilai rata-rata kemampuan siswa 69,9. Hasil penelitian tindakan siklus II mengalami peningkatan, yaitu hasil observasi aktivitas guru 96,15%, hasil observasi aktivitas siswa 96%, hasil tes persentase ketuntasan belajar klasikal siswa 85?rada dalam kategori sangat baik dan nilai rata-rata kemampuan siswa 83,55. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kontekstual dan metode produktif dapat meningkatkan kemampuan literasi tulisan khusunya menulis deskripsi siswa kelas VII A SMPN 1 Tojo. Kata kunci: Penerapan, Media Kontekstual, Meningkatkan Literasi Tulisan Siswa |