Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKEEFEKTIFAN METODE GUESSING GAME BERBASIS CASE METHOD TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SMP NEGERI 12 PALU
Nama: IBMASIAH WARDATUN ISLAMIYAH
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Ibmasiah Wardatun Islamiyah 2022. “Keefektifan Metode Guessing Game Berbasis Case Method terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SMP Negeri 12 Palu.”, Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing 1: Gusti Ketut Alit Suputra dan Pembimbing 2: Sitti Harisah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan metode guessing game berbasis case method terhadap keterampilan berbicara pada siswa SMP Negeri 12 Palu dan bagaimanakah hasil keterampilan berbicara menggunakan metode guessing game berbasis case method pada siswa SMP Negeri 12 Palu. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan metode guessing game berbasis case method terhadap keterampilan berbicara pada siswa SMP Negeri 12 Palu dan mendeskripsikan hasil keterampilan berbicara menggunakan metode guessing game berbasis case method pada siswa SMP Negeri 12 Palu. Manfaat dari penelitian ini adalah metode guessing game dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dan siswa merasa lebih rileks dalam mengikuti pelajaran, sehingga akan mudah masuk pelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan dalam tahapan siklus meliputi tahap perencanaan, tahap tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VII, VIII, dan IX SMP Negeri 12 Palu yang berjumlah 47 siswa yaitu siswa laki-laki sebanyak 15 orang dan siswa perempuan sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar peserta didik kelas VII, VIII, dan IX SMP Negeri 12 Palu dengan menggunakan metode guessing game yaitu menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam belajar. Pada siklus ini, aktivitas belajar siswa dengan kriteria sangat baik, dengan hasil yang dicapai 89,42 dari 47 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan hasil belajar siswa kelas VII, VIII, dan IX SMP Negeri 12 Palu dengan menggunakan metode guessing game telah meningkat. Kata kunci: Metode, guessing game, case method, keterampilan berbicara.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up