JudulTUTURAN TENAGA KEPENDIDIKAN DAN MAHASISWA DI REKTORAT UNIVERSITAS TADULAKO |
Nama: MUHAMMAD FASLI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Muhammad Fasli, 2022. Tuturan Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa di Rektorat Universitas Tadulako, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Tadulako. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah bentuk tuturan dan fungsi tuturan tenaga kependidikan dan mahasiswa di Rektorat Universitas Tadulako”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk tuturan dan untuk mendeskripsikan fungsi tuturan tenaga kependidikan dan mahasiswa di Rekorat Universitas Tadulako. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif yaitu untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur antara tenaga kependidikan dan mahasiswa di rektorat Universitas Tadulako. Data pada penelitian ini adalah berupa hasil rekaman tuturan antara tenaga kependidikan dan mahasiswa di rektorat Universitas Tadulako pada saat terjadi interaksi langsung. Sumber data yang menjadi subjek penelitian ini adalah tenaga kependidikan dan mahasiswa Universitas Tadulako. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan metode analisis data, yakni mendeskripsikan tuturan tersebut kemudian memberikan kesimpulan tentang data yang dianalisis. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka peneliti menemukan hasil penelitian tentang tindak tutur lokusioner, ilokosi, perlokusi tenaga kependidikan dan mahasiswa yang berupa lokusioner pada bagian representatif,direktif, asertif, komisif. Pada bagian tindak tutur ilokusi di peneliti menemukan ilokusi pada bagian eksersitif, behabitif, ekspositif. Untuk tindak perlokusi peneliti menemukan bagian Convicial. Selanjutnya peneliti juga menemukan tuturan langsung yang meliputi kalimat berita dan kalimat tanya serta tuturan tidak langsung yang juga berupa kalimat berita. Kata Kunci: tuturan, tenaga kependidikan, mahasiswa. ? |