Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN TEKNIK MULTISENSORY DALAM KONTEKS PENGUATAN PENGGUNAAN IDIOM BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VI SD KARUNA DIPA PALU
Nama: SUKESI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Sukesi. 2021. Penerapan Teknik Multisensory dalam Konteks Penguatan PenggunaanIdiomBahasaIndonesiapadaSiswaSDKaruna DipaPalu, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Tadulako.Moh. Tahir (Pembimbing I) dan Yunidar Nur (Pembimbing II). Penelitian ini mendeskripsikan tentang prosedur teknik multisensory dalam konteks penguatan penggunaan idiom bahasa Indonesia dan hasil belajar siswa tentang penggunaan idiom dengan teknik multisensory. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Ada pun prosedur penelitian ini dilakukan melalui kegiatan Pretest dan Postest. Subyek penelitian terdiri atas 20 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1)Prosedur Teknik Multisensory dalam konteks penguatan penggunaan idiom bahasa Indonesia pada siswa SD Karuna Dipa Palu dilakukan secara daring (online) berbantuan media/alat kontemporer berbasis IT(media komunikasi) menggunakan aplikasi zoom dengan prosedur: (a) kegiatan pendahuluan terdiri atas: menyapa siswa, melakukan presensi, dan memberikan apersepsi; (b) kegiatan inti melakukan proses dengan teknik multisensory yaitu melibatkan berbagai sensor dalam diri siswa yang terdiri dari: indera penglihatan, pendengaran, dan perasaan terkait dengan idiom dan maknanya;dan (c) kegiatan penutup terdiri dari: menyimpulkan dan menutup kegiatan pembelajaran. (2) Hasil belajar siswa SD Karuna Dipa Palu tentang Idiom yaitu: berdasarkan perolehan N- Gain nilai tertinggi 100 diperoleh 5 orang siswa, adapun nilai terendah 76,67 diperoleh 1 orang siswa. Oleh karena itu,dapat disimpulkan bahwa teknik multisensory efektif digunakan dalam konteks penguatan idiom bahasa Indonesia. Kata Kunci: Multisensory, Konteks, Penguatan, Idiom

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up