JudulANALISIS KEMAMPUAN GURU MEMBUAT SOAL BAHASA INDONESIA DI SDI IQRA BINA POTENSI PETOBO |
Nama: FITRIANI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Fitriani 2021. Analisis Kemampuan Guru Membuat Soal Bahasa Indonesia di SDI Iqra Bina Potensi Petobo, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia; Pascasarjana Universitas Tadulako Palu. Moh. Tahir (Pembimbing I) dan Ali Karim (Pembimbing II). Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang: (1) kemampuan guru menyusun bahasa Indonesia dan (2) kendala yang ditemukan guru menyusun soal bahasa Indonesia di SDI Iqra Bina Potensi Petobo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mendeskripsikan data tentang kemampuan guru membuat soal terhadap pelajaran bahasa Indonesia dan kendala yang ditemukan guru dalam membuat soal bahasa Ibdonesia di SDI Iqra Bina Potensi Petobo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru SDI Iqra Bina Potensi Petobo dalam membuat soal bahasa Indonesia perlu memperhatikan penggunaan: kosa kata, pola kalimat, penggunaan ejaan yang baik dan benar, dan penggunaan kata kerja (operasional berorientasi pada HOTS. Soal yang dibuat guru mengindikasikan kesalahan-kesalahan penyusunan kosa kata dalam membentuk pola kalimat dengan penggunaan ejaan yang tidak tepat sehingga soal yang dibuat guru belum merujuk pada soal berbasis HOTS. Kendala- kendala yang dihadapi guru dalam membuat/menyusun soal bahasa Indonesia di SDI Iqra Bina Potensi Petobo adalah rendahnya pemahaman guru tentang menggunakan bahasa Indonesia sesuai kaidah-kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, yang meliputi: penggunaan: kosa kata, pola kalimat, penggunaan ejaan yang baik dan benar, dan penggunaan kata kerja (operasional berorientasi pada HOTS. Kata Kunci: Kemampuan Guru, Membuat Soal |