Judul KEMAMPUAN BERBICARA BERBASIS DARING MELALUI AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK B2 TK KEMALA BHAYANGKARI 02 PALU |
Nama: FEMMY JACOBA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Femmy Jacoba, A112 19 004, “Kemampuan Berbicara Berbasis Daring Melalui Video Audio Visual Pada Peserta Didik Kelompok B2 TK Kemala Bhayangkari 02 Palu.” Pembimbing Ibu Yunidar Nur dan Ibu Sitti Harisah. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bentuk, hasil, dan kendala dalam kemampuan berbicara berbasis daring melalui video audio visual pada peserta didik kelompok B2 TK Kemala Bhayangkari 02 Palu. Tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsikan bentuk, hasil, dan kendala pembelajaran berbicara berbasis daring melalui video audio visual pada peserta didik kelompok B2 TK Kemala Bhayangkari 02 Palu. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Objek penelitian adalah peserta didik kelompok B2 TK Kemala Bhayangkari 02 Palu. Teknik pengambilan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara berbasis daring melalui video audio visual pada peserta didik kelompok B2 Tk Kemala Bhayangkari 02 Palu dilakukan melalui tahapan: menyediakan bahan pelajaran, menyiapkan berbagai alternatif media online/daring: Whatsapp Group, Youtube, dan Zoom, monitoring, dan mengunggah bahan pembelajaran berupa, tutorial, video, lembar kerja peserta didik ke media yang telah ditetapkan atau disepakati bersama. Hasil pembelajaran kemampuan berbicara peserta didik melalui video audio visual pada peserta didik kelompok B2 Tk Kemala Bhayangkari 02 Palu, rata-rata hasil penilaian berbicara 4,18 dan prersentasi ketercapaian mencapai 83,56%. Kendala yang ditemukan guru dalam kemampuan berbicara berbasis daring melalui video audio visual pada peserta didik kelompok B2 Tk Kemala Bhayangkari 02 Palu yaitu: (1) kurangnya pendampingan orang tua, (2) Sinyal internet/koneksi, (3) Guru tidak dapat berinteraksi secara langsung. Berkenaan dengan hasil penelitian, penulis menyarankan agar Guru dapat meningkatkan kompetensi dalam melakukan inovasi yang dapat menunjang peningkatan kemampuan berbicara peserta didik dengan menyusun perencanaan yang baik terhadap proses pembelajaran khususnya di masa pendemi. Kata kunci: Kemampuan berbicara, daring, video audio visual. |