Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL HURUF DI KELOMPOK B TK MUTIARA HATI BIROBULI MELALUI PEMBELAJARAN VIRTUAL DEANGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN
Nama: MURSALYNA
Tahun: 2021
Abstrak
Mursalyna. A 112 18 023. 2020. Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Huruf di Kelompok B Tk Mutiara Hati Birobuli Melalui Pembelajaran Virtual dengan Menggunakan Video Pembelajaran. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) Gazali Lembah. Pembimbing (2) Yunidar . Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan anak mengenal huruf belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf melalui video pembelajaran. Setting penelitian yaitu anak kelompok B TK Mutiara Hati Birobuli, dengan subjek penelitian 12 anak yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, pemberian tugas, dan dokumentasi, Data dianalisis dengan teknik persentase. Data pratindakan menyebutkan huruf yang ditunjukkan oleh guru belum ada anak kategori BSB, 8,33% kategori BSH, 8,33% kategori MB dan 83,33% kategori BB. huruf yang disebutkan oleh guru belum ada anak kategori BSB, 8,33% kategori BSH, 16,67% kategori MB dan 75% kategori BB. Mencocokkan huruf dengan gambar pada video pembelajaran belum ada anak kategori BSB, 16,67% kategori BSH, 8,33% kategori MB dan 75% kategori BB. Hasil Penelitian yang diperoleh pada pratindakan ke siklus I yaitu menyebutkan huruf abjad yang ditunjukkan oleh guru mengalami peningkatan dari 16,67% menjadi 41,67% peningkatannya sebesar 25%. Menunjukkan huruf abjad yang disebutkan oleh guru mengalami peningkatan dari 25% menjadi 33,33% peningkatannya sebesar 8,33%. Mencocokkan huruf dengan gambar pada video pembelajaran mengalami peningkatan dari 25% menjadi 33,33% peningkatannya sebesar 8,33%. Sedangkan untuk kategori belum berkembang mengalami penurunan sebesar 13,89%. Setelah dilaksanakan perbaikan pada siklus II, data yang berhasil dikumpulkan menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Hal ini dapat dilihat dari menyebutkan huruf abjad yang ditunjukkan oleh guru terdapat 25% kategori BSB , 50% kategori BSH, 16,67% MB dan 8,33 % kategori BB Menunjukkan huruf abjad yang disebutkan oleh guru terdapat 33,33% kategori BSB, 50% kategori BSH, 8,33% kategori MB, dan 8,33% kategori BB. mencocokkan huruf dengan gambar pada video pembelajaran terdapat 25% kategori BSB, 41,67% kategori BSH, 25% kategori MB, dan 8,33% kategori BB. Setelah dilakukan tindakan, terlihat adanya peningkatan kemampuan anak mengenal huruf dari siklus I ke siklus II. Menyebutkan huruf yang ditunjukkan oleh guru kategori BSB, BSH, dan MB dari 41,67% meningkat 91,67%. Menunjukkan huruf yang disebutkan oleh guru kategori BSB,BSH, dan MB dari 33,33% meningkatkan 91,67%. Mencocokkan huruf dengan gambar pada video pembelajaran kategori BSB, BSH, dan MB dari 33,33% meningkat menjadi 91,67%. Rata-rata peningkatan 27,78% kategori BSB, BSH, dan MB namun masih ada 1 anak atau 8,33% kategori BB. Disimpulkan bahwa media video pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf di kelompok B TK Mutiara Hati Birobuli. Kata Kunci : Mengenal Huruf, Virtual, Video Pembelajaran

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up