Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN METODE MIND MAPING (PETA PIKIRAN) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SDN 2 SINDUE
Nama: WIRDAWATI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Wirdawati. 2020. Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN 2 Sindue, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Ali Karim (Pembimbing 1) dan Yunidar Nur (Pembimbing II). Penelitian ini mendeskripsikan penerapan metode mind mapping pada pembelajaran puisi di kelas IV SDN 2 Sindue dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi melalui penerapan metode mind mapping pada siswa di kelas IV SDN 2 Sindue. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus, dengan tahapan tiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Sindue, subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Sindue tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 25 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode mind mapping (peta pikiran) dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi di kelas IV SDN 2 Sindue yang diketahui dari; (1) aktivitas guru dan peserta didik: siklus I aktivitas guru rata-rata 4,30 atau 85,93% terlaksana dengan baik baik dan aktivitas peserta didik rata-rata 3,63 atau 72,59% terlaksana dengan baik; dan siklus II aktivitas guru rata-rata skor 4,81 atau 96,30% terlaksana sangat baik dan aktivitas peserta didik siklus rata-rata skor 4,59 atau 91,85% terlaksana dengan sangat baik. (2) kemampuan menulis puisi: yaitu pada aspek diksi pada siklus I meningkat 16,80, siklus II meningkat 12,00; aspek pengimajian (daya bayang) pada siklus I meningkat 8,60, pada siklus II 10,60; pada aspek kata konkrit siklus I meningkat 28,00 dan pada siklus II meningkat 8,00; dan (3) peningkatan ketuntasan klasikal: aspek diksi pada siklus I meningkat 24%, siklus II meningkat 16%; aspek pengimajian (daya bayang) pada siklus I meningkat 24%, pada siklus II 12%; pada aspek kata konkrit siklus I meningkat 24?n pada siklus II meningkat 20%; dan aspek bahasa figurative, siklus I meningkat 28%, pada siklus II meningkat 20%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis puisi. Kata Kunci: Mind Mapping, Menulis Puisi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up