Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulImplementasi Model Pembelajaran Snowball Throwing Menggunakan Permainan Teka Teki Silang Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Kelas V Sdn 2 Tatura
Nama: NIRWANA NOVITASARY
Tahun: 2020
Abstrak
Nirwana Novitasary. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Snow Ball Throwing Menggunakan Permainan Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 2 Tatura, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Tadulako, Pembimbing I Muh. Tahir dan Pembimbing II Ali Karim. Penelitian ini adalah penelitian tentang implementasi model pembelajaran snowball throwing menggunakan permainan teka-teki silang untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia di kelas V SDN 2 Tatura. Permasalahan dalam penelitian yaitu bagaimana implementasi model snowball throwing menggunakan permainan TTS untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia di kelas V SDN 2 Tatura? dan apakah implementasi model snowball throwing menggunakan permainan TTS dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia di kelas V SDN 2 Tatura? Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan model snowball throwing menggunakan permainan TTS untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia di kelas V SDN 2 Tatura dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 2 Tatura setelah implementasi model snowball throwing menggunakan Permainan TTS pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN 2 Tatura? Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua sikus dan setiap siklus terdiri atas empat tahapan: (1) perencanaan (planning); (2) tindakan (acting); (3) pengamatan (observing); dan (4) refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 2 Tatura dengan intrumen pengumpulan data menggunakan: lembar obervasi, tes, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis skor dan presentase. Berdasarkah hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) implementasi model snowball throwing menggunakan permainan TTS untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia di kelas V SDN 2 Tatura dilaksanakan dilaksanakan dengan prosedur: (a) penyampaian materi oleh guru; (b) pembentukan kelompok, (ketua kelompok untuk mendengarkan penjelasan materi); (c) menjelaskan materi kepada anggota kelompoknya; (d) kelompok menuliskan pertanyaan yang dibentuk menjadi bola kertas; (e) melemparkan bola kertas dari satu kelompok ke kelompok lain dan kelompok yang mendapatkan bola kertas menjawab pertanyaan dalam kertas secara bergantian; dan (f) kegiatan evaluasi masing-masing kelompok mengisi TTS; (2) peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia yaitu: ketuntasan klasikal pada pratindakan 55%, siklus I 65% (meningkat sebesar 10%), keterlaksanaan aktivitas guru 87% (sangat baik) dan aktivitas peserta didik 77,78% (baik). Selanjutnya pada siklus II ketuntansan klasikal mencapai 85% (meningkat sebesar 25%), keterlaksanaan aktivitas guru 98% (sangat baik) (meningkat 2%) dan aktivitas peserta didik 90% (sangat baik (meningkat 12,78%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran snowball throwing menggunakan permainan teka-teki silang dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia di Kelas V SDN 2 Tatura. Kata Kunci: Snowball Throwing, TTS, dan Hasil Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up