Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI KOTA PALU: KAJIAN SOSIOPRAGMATIK
Nama: SRI SUDARYATI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Sri Sudaryati. A 112 18 014. 2020. Iklan Layanan Masyarakat di Kota Palu: Kajian Sosiopragmatik. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Pascasarjana. Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Syamsuddin, dan (2) Ulinsa. Penelitian ini membahas bentuk penggunaan bahasa pada iklan layanan masyarakat di kota Palu kajian sosiopragmatik. Rumusan masalah dalam penelitian adalah (1) Bagaimana bentuk penggunaan bahasa pada iklan layanan masyarakat di kota Palu: kajian sosiopragmatik? (2) Bagaimana fungsi bahasa pada iklan layanan masyarakat di kota Palu? Tujuan dalam penelitian adalah (1) Mendeskripsikan bentuk penggunaan bahasa pada iklan layanan masyarakat di kota Palu: kajian sosiopragmatik. (2) Mendeskripsikan fungsi bahasa pada iklan layanan masyarakat di kota Palu. Metode Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu (1) observasi, dan (2) dokumentasi. Teknik analisis data yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan layanan masyarakat di kota Palu kajian sosiopragmatik menggunakan bentuk penggunaan bahasa tindak tutur direktif, tindak tutur ekspresif, tindak tutur deklarasi, tindak tutur representatif, tindak tutur langsung, tindak tutur tidak langsung, tindak tutur ilokusi, dan tindak tutur perlokusi. Serta fungsi bahasa pada iklan layanan masyarakat di kota Palu adalah fungsi bahasa informasional, fungsi bahasa persuasif, fungsi bahasa evaluatif, dan fungsi bahasa impositif. Konteks dalam iklan layanan masyarakat di kota Palu meliputi beberapa aspek yaitu penutur (Instansi Kota Palu). Lawan tutur (masyarakat kota Palu). Topik (kesehatan, kebersihan, kedisiplinan, keamanan, keselamatan, keagamaan). Lokasi (di tempat-tempat umum yang ramai dikunjungi dan dilewati masyarakat). Dan tujuan (membentuk masyarakat yang peka terhadap permasalahan yang berkembang, cerdas, aman, damai, dan sejahtera). Kata Kunci: Iklan Layanan Masyarakat, Sosiopragmatik.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up