JudulPENERAPAN MODEL BELAJAR DENGAN ALAM DAN LINGKUNGAN SEKITAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI ANAK BELAJAR MENULIS PADA KELOMPOK B I TK SAMPOROA DWP KOTA PALU |
Nama: MEGAWATI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Megawati. A 112 18 013. 2020. Penerapan Model Belajar dengan Alam dan Lingkungan Sekitar Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Anak Belajar Menulis pada Kelompok B TK Samporoa DWP Kota Palu. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) I Gusti Ketut Alit Saputra (2) Yunidar Nur. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji penerapan model belajar dengan alam dan lingkungan dalam upaya meningkatkan motivasi anak belajar menulis pada kelompok B TK Samporoa DWP Kota Palu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model BALS dapat meningkatkan motivasi anak dalam belajar menulis pada anak kelompok B TK Samporoa DWP Kota Palu? (2) Apakah penerapan BALS dapat meningkatkan kemampuan belajar menulis anak pada TK Samporoa DWP Kota Palu? Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model BALS dalam meningkatkan motivasi anak pada belajar menulis anak pada kelompok B TK Samporoa DWP Kota Palu dan untuk mengetahui peningkatan hasil dan motivasi belajar menulis anak pada kelompok B TK Samporoa DWP kota Palu melalui penerapan model BALS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc.Taggart, terdiri atas dua siklus, di mana pada setiap siklus dilaksanakan satu kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang dikumpulkan melalui teknik observasi, pemberian tugas, dan dokumentasi kemudian dianalisis secara deskriptif dari data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada kegiatan Siklus I, menujukkan bahwa dari 20 anak yang menjadi subjek penelitian, total yang memiliki kategori berkembang sangat baik sebesar 16%, kategori berkembang sesuai harapan 45%, kategori mulai berkembang sebanyak 21?n kategori belum berkembang terdapat 18%, serta indikator pencapaian kinerja mencapai 61%, sehingga pembelajaran dinyatakan masih belum berhasil. Kriteria skor masih di bawah 80% yang mendapatkan kategori berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan. Hasil penelitian pada siklus II, pada kegiatan anak menirukan guru menuliskan kata nanas, dari 20 anak yang menjadi subjek penelitian, yang memiliki kategori berkembang sangat baik total sebanyak 26%, kategori berkembang sesuai harapan 51 %, kategori mulai berkembang sebanyak 14?n kategori belum berkembang terdapat 11%. Dengan demikian, melihat persentase yang diperoleh pada siklus II telah mencapai indikator kinerja sebesar 77% yang memperoleh kategori berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan yang meningkat drastis mendekati 80% yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa penerapan model belajar dengan alam dan lingkungan dapat meningkatkan motivasi anak belajar menulis pada Kelompok B TK Samporoa DWP Kota Palu. Oleh karena itu, peneliti tidak melanjutkan lagi pada siklus berikut. Kata kunci: Kemampuan menulis, model BALS, Taman Kanak-kanak (TK) |