Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MEDIA FILM KARTUN DIVA THE SERIES DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK KELOMPOK B2 TK NEGERI PEMBINA PALU
Nama: MERIEL WARANI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK MERIEL WARANI. 2020. Penerapan Media Film Kartun Diva the Series Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Kelompok B2 TK Negeri Pembina Palu. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) I Gusti Ketut Alit Suputra (2) Syamsuddin. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan anak dalam menyimak kurang maksimal yang berdampak pada kemampuan berbahasa belum berkembang sesuai harapan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode bercerita dengan menggunakan media film kartun Diva the Series untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menyimak. Fokus penelitian ini tentang penerapan metode bercerita dengan menggunakan media film kartun Diva the Series dan kemampuan anak dalam menyimak di kelompok B2 TK Negeri Pembina Palu Kecamatan Palu Timur. Adapun jenis penelitian ini adalah diskriptif kualitatif dengan mengunakan rancangan One group pra test - postest design. Subyeknya anak dikelompok B2 TK Negeri Pembina Palu berjumlah 16 anak terdiri dari perempuan 10 orang dan laki – laki 6 orang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021. Berdasarkan data yang dikumpulkan dari hasil observasi sebelum diberikan perlakuan setelah direkapitulasi anak yang memiliki kemampuan pada kategori berkembang sesuai harapan hanya 1,25%. Anak yang memiliki kemampuan dalam kategori berkembang sesuai harapan ada 8,75%. Sedangkan yang memiliki kemampuan pada kategori mulai berkembang ada 18,75% selanjutnya yang memiliki kemampuan pada kategori belum berkembang masih 71,25% merupakan persentase tertinggi sebelum diberikan perlakuan. Berdasarkan data inilah peneliti melakukan penelitian terfokus pada penerapan metode bercerita dengan menggunakan media film kartun Diva the Series yang terbukti dapat meningkatkan kemampuan anak menyimak berdampak pada kemampuan berbahasa yang telah diukur sesuai tujuan penelitian ini. Data hasil pengamatan setelah diberi perlakuan bahwa anak yang memiliki kemapuan pada kategori berkembang sangat baik sudah meningkat menjadi 17,5%, kategori berkembang sangat baik sudah meningkat menjadi 43,65%, kemampuan anak dalam kategori mulai berkembang meningkat menjadi 25,1 % serta kemampuan anak pada kategori belum berkembang sudah menurun menjadi 13,73 %. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media film kartun terbukti adanya peningkatan kemampuan berbahasa yang sudah diukur dalam penelitian ini secara rata-rata yaitu kategori berkembang sangat baik dari 1,25% menjadi 17,5?a peningkatan 16,25 %. Pada kategori berkembang sesuai harapan dari 8,75 % menjadi 43,65% terjadi peningkatan 34,9%. Sedangkan kategori mulai berkembang dari 18,75 meningkat menjadi 25,1?a peningkatan 6,35% serta kemampuan pada kategori belum berkembang sebelum diberi perlakuan 71,25% sudah menurun menjadi 13,73% sehingga terjadi penurunan 57,52?ri semua kemampuan yang diamati. Kata Kunci : Kemampuan Menyimak, Media Film, Diva the Series, Taman Kanak-Kanak (TK).

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up