Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulRAGAM BAHASA DALAM INTERAKSI PELAYANAN KESEHATAN ANTARTENAGA MEDIS DAN PASIEN DI PUSKESMAS TALISE KOTA PALU
Nama: ICANG KANSERINA
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Icang kanserina, A 112 18 006. 2020.“Ragam Bahasa dalam Interaksi Pelayanan Kesehatan Antartenaga Medis dan Pasien di Puskesmas Talise Kota Palu”. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) Syamsuddin, dan Pembimbing: (2) Moh. Tahir. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis interaksi pelayanan kesehatan antartenaga medis dan pasien. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah(1)Bagaimana bentuk ragam bahasa dalam interaksi pelayanan kesehatan antar tenaga medis dan pasien? (2)Bagaimana fungsi ragam bahasa dalam interaksi pelayanan kesehatan antartenaga medis dan pasien? dan (3) Bagaimanafaktor penyebab terjadinya ragam bahasa dalam interaksi pelayanan kesehatan antartenaga medis dan pasien?Tujuan penelitian adalah (1) Mendeskripsikan bentuk ragam bahasa yang digunakan dalam interaksi pelayanan kesehatan antartenaga medis dan pasien, (2) Mendeskripsikan fungsi ragam bahasa dalam interaksi pelayanan kesehatan antartenaga medis dan pasien, dan (3) Mendeskripsikan faktor penyebab dalam interaksi pelayanan kesehatan antartenaga medis dan pasien. Metode penelitian adalah kualitatif deksriptif dengan tujuan memperoleh data yang akurat untuk menganalisis penggunaanragam bahasa dalam interaksi pelayanan kesehatan tenaga medis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) Teknik observasi, peneliti mengamati dan memahami setiap interaksi tenaga medis dan pasien saat proses pelayanan kesehatan yang menimbulkan ragam bahasa, (2) Teknik wawancara, peneliti mengetahui latar belakang kehidupan penutur khususnya dalam kehidupan berbahasanya, (3) Teknik perekaman, peneliti merekam suara tenaga medis dan pasien, dan (4) Catatan lapangan, peneliti mencatat seperlunya pokok-pokok isi pembicaraan. Hasil penelitian mendeskripsikan lima bentuk ragam bahasa dalam penggunaan dialek yakni:(1) Bentukdialek Kaili, (2) Bentuk dialek Jawa, (3) Bentuk dialek Manado, (4) Bentuk dialek Bugis, dan (5) Bentuk dialek Palu.Fungsi ragam bahasa dalaminteraksipelayanankesehatan di puskesmasmeliputi: (1) Fungsi emotif, (2) Fungsi fatik, dan (3) Fungsi direktif. Faktor penyebab terjadinya ragam bahasa dalaminteraksipelayanankesehatan di puskesmasyakni: (1) Faktor usia, (2) Faktor asal daerah, (3) Faktor jenis kelamin, (4) Faktor pendidikan, dan (5) Faktor pekerjaan/profesi. Kata Kunci :Ragam bahasa, interaksi, pelayanan, puskesmas.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up