Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA DAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SD INPRES PERUMNAS TINGGEDE
Nama: IKA SHAFITRY
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Ika Shafitry. 2020. Pengaruh Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Berita dan Kemampuan Berbicara Siswa kelas V SD Inpres Perumas Tinggede. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) Moh.Tahir dan Pembimbing (2) Ulinsa. Penelitian ini memaparkan tentang pengaruh media audio visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menyimak berita dan beribacara siswa serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media audio visual terhadap keterampilan menyimak berita dan keterampilan berbicara siswa serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Inpres Perumnas Tinggede. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas Va sebagai kelas kontrol dan kelas Vb sebagai kelas Eksperimen dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dan tes lisan. Uji Statistika yaitu Uji-t. Hasil perhitungan uji beda (uji-t) diperoleh nilai t_hitung lebih besar dari t_tabel (4,87>1,68) pada taraf nyata 5?ngan demikian hipotesis H_0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh media audio visual terhadap keterampilan menyimak berita, hasil perhitungan (uji-t) diperoleh nilai t_hitung lebih besar dari t_tabel (2,60>1,68) pada taraf nyata 5?ngan demikian hipotesis H_0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh media audio visual terhadap keterampilan berbicara. Berdasarkan hasil uji-t, media audio visual berpengaruh terhadap keterampilan menyimak berita dan berbicara siswa kelas V SD Inpres Perumnas Tinggede. Faktor yang mempengaruhi keterampilan menyimak berita dan berbicara siswa menggunakan media audio visual yaitu kondisi kelas yang kondusif, keterampilan menggunakan media audio visual serta fasilitas kelas yang menunjang.¬ Kata Kunci: Media, Audio Visual, Menyimak, Berbicara

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up