JudulBUDAYA KOMUNIKASI SUKU BUGIS DAN SUKU MANDAR DI SMP NEGERI 1 PASANGKAYU PROVINSI SULAWESI BARAT (KAJIAN ETNOGRAFI KOMUNIKASI) |
Nama: Musdalifah A.Ilham |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Musdalifa A. Ilham, 2019. Budaya Komunikasi suku Bugis dan suku Mandar di SMP Negeri 1 Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat (Kajian Etnografi Komunikasi). Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia. Pascasarjana. Universitas Tadulako. Pembimbing (I) I Gusti Ketut Alit Suputra, Pembimbing (II) Moh. Tahir. Permasalahan pada penelitian ini ada dua, yaitu: (1) Bagaimanakah bentuk komunikasi budaya suku Bugis dan Mandar di SMP Negeri 1 Pasangkayu? (2) Bagaimanakah strategi tuturan suku Bugis dan Mandar di SMP Negeri 1 Pasangkayu?. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik catat dan metode simak dengan teknik sadap. Analisis data pada penelitian ini menggunakan empat tahap yaitu (1) pengumpulan data (2) reduksi data, (3) penyajian data dan (4) kesimpulan atau verifikasi. Sehingga hasil penelitian diperoleh 9 bentuk komunikasi budaya suku Bugis dan Mandar di SMP Negeri 1 Pasangkayu, yaitu: 1) bentuk memerintah, 2) bentuk menyarankan 3) bentuk mengeluh 4) bentuk mengajak 5) bentuk meminta 6) bentuk ucapan selamat 7) bentuk permintaan maaf 8) bentuk bergurau dan 9) bentuk berjanji. Selain itu juga terdapat 8 tuturan strategi langsung komunikasi budaya suku Bugis dan Suku Mandar di SMP Negeri 1 Pasangkayu yaitu 1) strategi langsung memerintah, 2) strategi langsung menyarankan 3) strategi langsung mengeluh 4) strategi langsung mengajak 5) strategi langsung meminta 6) strategi langsung ucapan selamat 7) strategi langsung permintaan maaf dan 8) strategi langsung berjanji dan 6 tuturan strategi tidak langsung yaitu 1) strategi tidak langsung memerintah, 2) strategi tidak langsung menyarankan 3) strategi tidak langsung mengeluh 4) strategi tidak langsung mengajak 5) strategi tidak langsung meminta dan 6) strategi tidak langsung permintaan maaf Kata kunci: Budaya Komunikasi, suku Bugis, suku Mandar, Etnografi Komunikasi |