Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS III SD INPRES 8 MAMBORO
Nama: SUPARTI
Tahun: 2019
Abstrak
Suparti. 2019. Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman terhadap Kemampuan Menulis Narasi pada Siswa Kelas III SDN Inpres 8 Mamboro. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Moh. Tahir, Pembimbing (II) Yunidar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas III SDN Inpres 8 Mamboro? Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas III SDN Inpres 8 Mamboro. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari hasil evaluasi siswa dan angket. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan evaluasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menentukan nilai individu, nilai klasikal, nilai rata-rata, dan nilai korelasi. Hasil penelitian diperoleh, yakni kemampuan membaca pemahaman dengan skor total seluruh siswa 2,190 dan nilai rata-rata sebesar 81,1, dengan tuntas klasikal sebesar 70,4. Sedangkan, nilai kemampuan menulis karangan sederhana (narasi) diperoleh skor total 2.080, dengan nilai rata-rata 77,1. Adapun hasil korelasi atau hubungan kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan menulis karangan sederhana (narasi) sebesar 67,5. Dengan demikian, hipotesis penelitian ditolak karena tidak terdapat korelasi antara kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan menulis narasi pada siswa kelas III SDN Inpres 8 Mamboro. Kata Kunci: Hubungan, Membaca Pemahaman, Menulis Karangan Sederhana (Narasi)

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up