Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS WACANA INTERAKSI GURU DAN SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X MAN 2 KOTA PALU
Nama: HIJIR ABDULLAH
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Hijir Abdullah (2019). Analisis wacana interaksi guru dan siswa pada proses pembelajaran bahasa indonesia di kelas X MAN 2 Kota Palu. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Ali Karim dan pembimbing (2) Syamsuddin. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimanakah bentuk wacana interaksi guru dan siswa kelas X di MAN 2 Kota Palu pada proses pembelajaran bahasa Indonesia, dan (2) apa fungsi bahasa dalam wacana interaksi guru dan siswa di kelas X MAN 2 Kota Palu pada waktu proses pembelajaran bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode dan teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik dasar berupa teknik rekam dan catat. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian meliputi: (1) berdasarkan bentuk wacana interaksi guru dan siswa di kelas X MAN 2 Kota Palu pada proses pembelajaran bahasa Indonesia, ditemukan 5 bentuk wacana yaitu wacana naratif, wacana prosedural, wacana ekspositori, wacana hortatori, wacana dramatik. (2) Fungsi bahasa berdasarkan wacana interaksi guru dan siswa di kelas X MAN 2 Kota Palu pada proses pembelajaran bahasa Indonesia menunjukkan 6 fungsi yaitu fungsi instrumental, fungsi regulasi, fungsi representatif, fungsi interaksi, fungsi perorangan, dan fungsi heuristik. Kata kunci: Analisis wacana, bentuk dan fungsi wacana, guru dan siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up