JudulKEMAMPUAN LITERASI MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 PALU |
Nama: RAHMI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Rahmi (2019). Kemampuan Literasi Membaca dan Menulis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Syamsuddin dan pembimbing (2) Sitti Harisah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana kemampuan literasi membaca siswa kelas VIII di SMP Negeri 19 Palu?, dan (2) bagaimana kemampuan literasi menulis siswa kelas VIII di SMP Negeri 19 Palu. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan literasi membaca siswa kelas VIII di SMP Negeri 19 Palu, dan (2) mendeskripsikan kemampuan literasi menulis siswa kelas VIII di SMP Negeri 19 Palu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian berupa hasil tes kemampuan literasi membaca siswa dan hasil tes kemampuan literasi menulis siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode survei dengan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: (1) kemampuan literasi membaca siswa di SMP Negeri 19 Palu kelas VIII masuk ke dalam kategori sedang. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 71.17 yang berada pada batas skor 70.00-79.00, (2) kemampuan literasi menulis siswa di SMP Negeri 19 Palu kelas VIII sangat rendah, nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 53.94. Nilai ini berada pada batas skor <60.00. Kata kunci: Kemampuan literasi, membaca dan menulis, siswa. |