Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKeefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMAN 1 Bambaira Kabupaten Pasangkayu
Nama: Syaripuddin
Tahun: 2019
Abstrak
Syaripuddin, 2019. “Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMAN 1 Bambaira Kabupaten Pasangkayu”. Tesis. Program Studi Megister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) Dr. Gusti Ketut Alit Suputra, M.Hum.(II) Dr. Sitti Harisa, S.Ag., M.Pd. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan model PBM guna meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi sehingga model PBM menjadi salah satu alternatif pembelajaran menulis teks eksposisi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian quasi experimental design untuk mengetahui perbandikan antara kelas yang diajar dengan model PBM dan kelas yang tidak diajar menggunakan PBM sebelum dan susadah perlakuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 1 Bambaira. Sampel pada penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Struktur dan kaidah teks eksposisi yang dinilai dalam penelitian ini mencakup lima aspek, yaitu isi, struktur teks, kosakata, keefektifan kalimat, dan mekanik. Keefektifan model PBM dilihat pada kenaikan rerata nilai tes awal dan tes akhir pada kedua kelas. Kelas kontrol mengalami kenaikan nilai rerata sebesar 2,65 sedangkan kelas eksperimen mengalami kenaikan nilai rerata sebesar 5,22. Kenaikan nilai rerata kelas eksperimen yang lebih dari kenaikan nilai rerata kelas kontrol menunjukkan bahwa model PBM dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi. Berdasarkan hasil pengujian statistic Uji-t diperoleh data hasil perhitungan nilai t-hitung sebesar 2,154 lebih besar daripada nilai t-tabel sebesar 1,67 (thitung=2,154 > ttabel=1,67) dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,035 dibandingkan dengan tingkat signifikansi 0,05, ternyata nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari pada tingkat signifikansi 0,05 (0,035<0,05). Berdasarkan perhitungan tersebut diperoleh hasil hipotesis Ho ditolak atau hipotesis Ha diterima, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks ekposisi di kelas eksperimen dengan menggunakan model PBM dan kelas kontrol tanpa model PBM di kelas X SMAN 1 Bambaira Kabupaten Pasangkayu. Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Teks Eksposisi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up