Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KESALAHAN KALIMAT EFEKTIF PADA KARYA TULIS ILMIAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANAWA KABUPATEN DONGGALA
Nama: RISWAN WAHYU
Tahun: 2019
Abstrak
Riswan Wahyu 2017. Analisis Kesalahan Kalimat Efektif pada Karya Tulis ilmiah Siswa SMA Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesi Fakultas Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing (I)Dr.Syamsuddin, M.Hum dan pembimbing (II) Dr. Sitti Harisah, S.Ag., M. Pd Masalah dalam penelitian ini adalah “(1) Bagaimana bentuk kesalahan penulisan kalimat efektif ditinjau dari segi kehematan pada karya tulis ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala?. dan (2) Bagaimana bentuk kesalahan penulisan kalimat efektif ditinjau dari segi kelogisan pada karya tulis ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala?. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan bentuk kesalahan penulisan kalimat efektif ditinjau dari segi kehematan pada karya tulis ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala. dan (2) Mendeskripsikan bentuk kesalahan penulisan kalimat efektif ditinjau dari segi kelogisan pada karya tulis ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala. Penelitian ini merupakan penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pemilihan jenis penelitian ini sesuai dengan sifat dan tujuan penelitian dan wujud data yang dikumpulkan. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data tertulis yang bersumber dari karya tulis ilmiah siswa SMA Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesalahan dalam penulisan karya tulis ilmiah siswa Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, (1) Kesalahan penulisan kalimat efektif ditinjau dari segi kehematan pada karya tulis ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala terdiri atas enam bentuk, yaitu: (i) pengulangan subjek pada dua klausa dalam satu kalimat, (ii) penggunaan dua predikat dalam satu klausa, (iii) penggunaan kata ulang nomina yang didahului dengan kata keterangan kuantitatif, (iv) penggunaan kata bermakna sinonim, (v) penggunaan konjungsi antarkalimat dan antarklausa, dan (vi) pemakaian pronomina relatif yang. (2) Kesalahan penulisan kalimat efektif ditinjau dari segi kelogisan pada karya tulis ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala terdiri atas tiga bentuk, yaitu: (i) penggunaan ungkapan, (ii) pilihan kata, dan (iii) penggunaan kata dengan makna yang kurang tepat. Kesalahan ini disebabkan oleh faktor kurangnya pemahaman siswa tentang tatacara penulisan karya tulis ilmiah (proposal). Kesalahan tersebut dapat diminimalkan dengan cara, meningkatkan minat membaca siswa dan selalu mengontrol serta mengoreksi penulisan siswa. Oleh karena itu, penggunaan kalimat efektif harus diperhatikan dalam penulisan khusunya pada karya tulis ilmiah agar tidak lagi mengalami kesalahan. Kata Kunci: kalimat efektif, karya ilmiah SMA 1 Donggala

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up