JudulPENERAPAN MOTODE AUDIO-LINGUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 7 SINDUE TOBATA |
Nama: ROSLAWA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Roslawa. 2019. Penerapan Metode audio-lingual dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa kelas V SDN 7 Sindue Tobata.Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Moh. Tahir, Pembimbing (II) Yunidar. Permaslahan dalam penelitian ini yakni (1) apakah kemampuan siswa kelas V di SDN 7 Sindue Tobata mengalami peningkatan setelah diterapkan metode pembelajaran audio-lingual ? Bagaimana langkah-langkah penerapan metode audio-lingual dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN 7 Sindue Tobata? Tujuan penelitian, yakni (I) meningkatkan kemampuan berbicara melalui penerapan metode audio-lingual pada siswa kelas V SDN 7 Sindue Tobata. dan (2) mendeskripsikan langka-langkah penerapan metode pembelajaran audio-lingual dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN 7 Sindue Tobata. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas V SDN 7 Sindue Tobata berjumlah 16 orang. Sumber data guru dan siswa. Rancangan penelitian dilakukan melalui empat tahapan, yakni pratindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data, yakni observasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan cara: menentukan kriteria ketuntasan individu dan klasikal serta menentukan nilai rata-rata siswa. Hasil penelitian diperoleh pada siklus I belum mencapai KKM 75, namun setelah diterapkan pada siklus II telah mencapai KKM 75. Ketercapaian KKM 75, maka hipotesis penelitian diterima, yakni dengan menerapkan metode pembelajaran audio-lingual kemampuan berbiara siswa kelas V SDN 7 Sindue Tobata meningkat. Kata Kunci: Kemampuan, berbicara, metode audio-lingual. |