JudulUPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 SIGI MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT |
Nama: SYAPRIL A.LAGULIGA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode cooperative script dalam upaya meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa kelas X SMA Negeri 7 Sigi. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan mengacu pada siklus pembelajaran yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart. Siklus tersebut terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Sigi. Data diperoleh peneliti melalui kuesioner dan hasil observasi keterampilan membaca puisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode cooperative script dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran membaca puisi, hal ini dapat dilihat pada hasil siklus I, diperoleh rata-rata 2,80 dengan persentase 70?n siklus II diperoleh rata-rata3,14 dengan persentase 79%. Selanjutnya peningkatan hasil pembelajaran membaca puisi dilihat dari nilai ratarata siswa yakni 72 pada siklus I yang meningkat dari kondisi awal dengan ratarata 61,67 dan pada siklus II rata-rata meningkat menjadi 77,55 dengan KKM 75. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membaca puisi dengan menggunakan metode cooperative script dapat meningkatkan keterampilan siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi membaca puisi. Kata kunci: Membaca puisi, cooperative script. |