JudulPENERAPAN METODE PEMODELAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIDATO DI KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH ALKHAIRAAT KOTARINDAU |
Nama: YULIYANTY |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpidato siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Kotarindau. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan pada penelitian ini yaitu pemberian tes awal dan tes akhir tindakan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Indikator ketuntasan individu 65?n ketuntasan klasikal 80%. Komponen penilaian berpidato, yaitu, pelafalan, intonasi dan ekspresi dalam berpidato. Hasil siklus I rata-rata ketuntasan individu mencapai 61,29%?n ketuntasan klasikal mencapai 65,05%. Hasil penilaian siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu rata-rata ketuntasan individu mencapai 80,64?n ketuntasan klasikal mencapai 90,32%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pemodelan dapat meningkatkan kemampuan siswa berpidato di kelas VIMadrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Kotarindau. Kata Kunci : Metode pemodelan, kemampuan berpidato. |