JudulPENERAPAN METODE PERMAINAN KATA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PASS PICTURE UNTUK MENINGKATAKAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS B TK IDAMAN SINTUWU |
Nama: SRI ASTUTI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode permaianan kata dengan menggunakan media pass picture untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas B TK Idaman Sintuwu, mendeskripsikan hasil penerapan metode permaianan kata dengan menggunakan media pass picture untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas B TK Idaman Sintuwu Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas B sebanyak 16 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus II. Hasil penerapan metode permainan kata dapat meningkatkan hasil belajar penguasaan kosakata siswa dengan indikator sebagai berikut : (1) nilai tes penguasaan kosakata siswa naik mulai pratindakan, siklus I, dan siklus II, (2) jumlah siswa yang tuntas juga naik mulai pratindakan, siklus I, dan siklus II. Ratarata kenaikan hasil tes pada pratindakan 55,62%, naik sebesar 15,69% pada siklus I menjadi 71,31%, naik sebanyak 10,69% pada siklus II rata-ratnya menjadi 82%, naik sebesar 11,69%. Peningkatan kemampuan siswa dalam menguasai kosakata tersebut juga diikuti dengan perubahan perilaku belajar siswa ke arah yang positif. Siswa menjadi lebih senang, aktif, dan memberikan respon positif terhadap pembelajaran kosakata. Kata kunci: Penguasaan Kosakata, Pass Picture, dan Permainan Kata |