JudulPENERAPAN METODE GUIDED DISCOVERY DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI KARAVANA KECAMATAN SIGI BIROMARU |
Nama: ALFIAN |
Tahun: 2020 |
Abstrak Permasalahan pokok pada penelitian ini yaitu: 1) bagaimanakah penerapan metode Guided Discovery melalui kegiatan membaca untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa kelas IV SD Negeri Karavana? 2) bagaimanakah penguasaan kosakata melalui kegiatan membaca menggunakan pembelajaran Guided Discovery di siswa kelas kelas IV SD Negeri Karavana? dan Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode Guided Discovery untuk meningkatkan penguasaan kosakata dan metode Guided Discovery melalui kegiatan membaca di kelas IV SD Negeri Karavana. Penilaian penguasaan kosakata terdiri 3 aspek: (1) memilih kata-kata penting dalam sebuah teks bacaan; (2) menuliskan makna sinonim dan antonim, dan (3) membuat kalimat. Penelitian dinyatakan berhasil apabila aktivitas guru dan siswa telah berada dalam kategori baik atau sangat baik dan minimal 80% siswa yang mencapai KKM atau dinyatakan tuntas. Penerapan metode pembelajaran Guided discovery dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa dimana siswa terlibat langsung dalam mencari jawaban dan kesimpulan yang diinginkan melalui suatu urutan pertanyaan yang dilakukan oleh guru. Dalam pembelajaran terjadi interaksi yang aktif antara guru dan siswa karena guru bertindak sebagai pembimbing dan fasilitator siswa, siswa merasa lebih aktif dan bersemangat mengikuti proses pembelajaran hasil nilai yang diperoleh setiap siswa lebih meningkat dibandingkan tanpa menggunakan metode Guided Discovery sehingga nilai KKM dalam sub pokok bahasan dapat tercapai dengan tuntas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa penguasaan kosakata pada siswa kelas IV SD Negeri Karavana pada pratindakan dengan nilai rata-rata 44,19 (Sangat Kurang), ketuntasan klasikal 5 orang siswa (23,81,%). Siklus I berdasarkan akumulasi skor penilaian pada pertemuan ke-1 dan ke-2, aktivitas guru rata-rata 3,5 (baik) dengan persentase 70,67%, aktivitas siswa rata-rata 3,2 (cukup) dengan persentase keterlaksanaan rata-rata 63,16%, dan Penguasaan kosakata rata-rata 64,00 dan ketuntasan klasikal mencapai 47,62%. Siklus II berdasarkan akumulasi skor penilaian pada pertemuan ke-1 dan ke-2, aktivitas guru rata-rata 4,1 (sangat baik) dengan persentase keterlaksanaan rata-rata 82,00%, aktivitas siswa rata-rata rata-rata 3,5 (baik) dengan persentase keterlaksanaan rata-rata 70,53%, dan penguasaan kosakata rata-rata 81,14 dan ketuntasan klasikal mencapai 80,95%. Kata Kunci :Metode Guided Discovery, Penguasaan, kosakata, Membaca Pemahaman |