Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN METODE SQ3R UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ARTIKEL SISWA KELAS XII TKJ 1 SMKN 1 POSO
Nama: IRNA TRISMA HASAN
Tahun: 2020
Abstrak
Tujuan penelitian ini, yaitu (1) mendeskripsikan penerapan metode SQ3R untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman artikel siswa kelas XII TKJ 1 SMKN 1 Poso, (2) mendeskripsikan hasil penerapan metode SQ3R untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman artikel siswa SMKN 1 Poso.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.. Lokasi penelitian di kelas XII TKJ 1 SMKN 1 Poso, subjek penelitian adalah siswa kelas XII TKJ 1 yang berjumlah 26 orang. Waktu penelitian dilaksanakan pada tahun akademik 2017/2018, yakni selama bulan Juni sampai Agustus 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Tes membaca pemahaman telah disesuaikan dengan tahapan metode SQ3R, sedangkan teknik nontes menggunakan lembar observasi, wawacara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Untuk menguji validitas tes peneliti menggunakan expert judgement dan kisi – kisi tes membaca pemahaman. Sedangkan untuk lembar observasi uji validitasnya dengan teknik member check dan kisi- kisi lembar observasi.Untuk mengungkapkan hasil penelitian peneliti menggunakan 3 langkah analisis data menurut Milles dan Hubberman yakni : reduksi data, penyajian data , dan kesimpulan dan verifikasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XII TKJ 1 SMKN 1 Poso, hal ini ditunjukkan siswa mampu, (1) pada tahap survey siswa mampu menemukan garis-garis besar isi teks dan menentukan ide pokok paragraf, (2) pada tahap question siswa mampu membuat pertanyaan dengan menggunakan prinsip 5W+1H, (3), pada tahap read siswa mampu menjawab pertanyaan yang telah disusun sebelumnya, (4) pada tahap recite siswa mampu menemukan butir – butir penting dalam bacaan dan merangkum isi artikel dengan menggunakan bahasa sendiri, (5), siswa mampu meninjau kembali isi artikel dengan mengingat kembali pertanyaan dan jawaban yang telah disusunnya.. Hasil penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa, dengan indikator sebagai berikut : (1) nilai tes membaca pemahaman siswa naik mulai pratindakan, siklus I, dan Siklus II, (2), jumlah siswa yang tuntas juga bertambah. Nilai rata – rata hasil tes pada pratindakan 60, 76 %, naik sebesar 15,4% pada siklus I menjadi 76,15%, dan pada siklus II naik sebanyak 6,24% menjadi 82,57%. Kata kunci : metode SQ3R, membaca pemahaman, artikel.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up