JudulPENERAPAN METODE INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MEMINDAI SISWA KELAS V SD INPRES BUMI BAHARI |
Nama: RAHMAYANTI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertolak dari masalah bagaimanakah penerapan metode inkuiri dalam meningkatkan kemampuan membaca memindai siswa kelas V SD Inpres Bumi Bahari, apakah penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan membaca memindai siswa kelas V SD Inpres Bumi Bahari. Berdasar pada masalah tersebut, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan metode inkuiri dalam meningkatkan kemampuan membaca memindai siswa kelas V SD Inpres Bumi Bahari, meningkatkan kemampuan membaca memindai siswa kelas V SD Inpres Bumi Bahari melalui penerapan metode inkuiri. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas, dilakukan secara bersiklus, dimulai dari tahap pratindakan, tahap siklus I, dan tahap siklus II. Dalam pengumpulan data digunakan teknik tes, teknik observasi, dan teknik catat. Data dianalisis dengan cara mencari rata-rata skor atau nilai. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Bumi Bahari dalam hal membaca memindai, yakni 60,71% pada siklus I menjadi 89,28% pada siklus II. Kata Kunci: metode inkuiri, kemampuan siswa, membaca memindai |