Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS VII SMPN 20 SIGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION
Nama: ASNIAR
Tahun: 2020
Abstrak
Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran explicit intruction pada pembelajaran membaca cepat di kelas VII SMP Negeri 20 Sigi? Bagaimana peningkatan kemampuan membaca cepat siswa kelas VII SMP Negeri 20 Sigi dengan penerapan model pembelajaran explicit intruction? Hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran explicit intruction pada pembelajaran membaca cepat dilakukan secara berfase yaitu fase oreintasi, presentase, latihan terbimbing, dan latihan mandiri. Hasil evaluasi siklus pertama yang telah dilakukan kecepatan rata-rata membaca siswa 256,6 pemahaman isi 57,2?ngan persentase ketuntasan klasikal 40,9%. Merujuk pada KKM yang berlaku pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 20 Sigi nilai rata-rata 70 dan ketuntasan klasikal 80%, hasil penelitian ini nampak belum mencapai standar ketuntasan. Pada pelaksanaan tindakan siklus kedua, kemampuan siswa mengalami peningkatan. Dari 22 orang siswa telah menunjukan kecepatan membaca 274,9 KPM dengan pemahaman isi rata-rata 80,6. Merunjuk terhadap KKM yang berlaku di SMP Negeri 20 Sigi pada pembelajaran bahasa Indonesia, hasil ini telah mencapai standar ketuntasan tersebut. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran explicit intruction dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa kelas VII SMP Negeri 20 Sigi. Kata Kunci: Membaca cepat, model pembelajaran explicit instruction

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up