JudulRAGAM BAHASA DALAM INTERAKSI JUAL BELI DI KOMPLEKS PALU PLAZA |
Nama: RISMA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk ragam bahasa, fungsi ragam bahasa, dan faktor penyebab terjadinya ragam bahasa dalam interaksi jual beli di Kompleks Palu Plaza. Sumber data diperoleh dari tuturan lisan penjual dan pembeli dalam melakukan interaksi jual beli di Kompleks Palu Plaza dengan menggunakan kajian etnografi komunikasi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan empat teknik yaitu (1) perekaman, (2) catatan lapangan, (3) observasi dan (4) wawancara tidak terstruktur. Subjek penelitian ini adalah penjul dan pembeli di Kompleks Palu Plaza. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah model interaktif, analisis dalam penelitian ini mencakup empat tahap, yaitu (1) pengupulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) kesimpulan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk ragam bahasa yang digunakan dalam interaksi jual beli di Kompleks Palu Plaza yaitu (1) bentuk penggunaan klitik, (2) bentuk penggunaan kata dan (3) bentuk penggunaan kalimat. Fungsi ragam bahasa yang ditemukan pada hasil penelitian terdiri atas (1) fungsi emotif, (2) fungsi fatik dan (3) fungsi direktif. Adapun faktor yang menyebabkan terjadinya ragam bahasa dalam interaksi jual beli di Kompleks Palu Plaza, yaitu (1) faktor usia, (2) faktor asal daerah, (3) faktor jenis kelamin, (4) faktor pendidikan, (5) faktor pekerjaan/profesi dan (6) faktor status sosial. Kata kunci : Ragam Bahasa, Interaksi Jual Beli |