Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Media Ajar Quizizz Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu
Nama: TSABITUL YAZID
Tahun: 2025
Abstrak
Minat belajar merupakan faktor penting dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran, termasuk pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan observasi awal di SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu, diketahui bahwa minat belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia masih kurang aktif, yang salah satunya disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang belum optimal dalam mendorong partisipasi siswa.. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan aplikasi Quizizz dapat berkontribusi dalam meningkatkan minat belajar siswa, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi experiment tipe pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitian ini berjumlah 241 siswa dan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang berjumlah 66 siswa, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran Quizizz dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda dan angket minat belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata Post-Test kelas eksperimen (88,39) lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol (47,71). Uji-t menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan Quizizz terhadap minat belajar siswa. Dengan demikian, aplikasi Quizizz terbukti efektif meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMA. Kata Kunci: Quizizz, Minat Belajar, Bahasa Indonesia.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up