JudulKEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 AMPANA KOTA |
Nama: IMAM AZHARQANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Imam Azharqani 2025, “Kemampuan Menulis Teks Prosedur Berbasis Kearifan Lokal Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ampana Kota”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Sukma. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya kemampuan menulis siswa, khususnya dalam memahami struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur berbasis kearifan lokal melalui model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ampana Kota. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes tertulis. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Ampana Kota sejumlah 210 siswa dan sampel penelitian adalah 26 siswa kelas X-B yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 26 siswa, sebanyak 22 siswa (84,6%) mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan 4 siswa (15,4%) belum mencapai KKM. Nilai rata-rata keseluruhan siswa adalah 75, yang menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks prosedur siswa tergolong baik. Kata Kunci : Menulis, Teks Prosedur, Kearifan lokal, Model kontekstual. |