Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulImplementasi Metode Pembelajaran Bermain Peran Dalam Materi Drama Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII MTs Al Khairaat Sindue
Nama: SYAKILLA
Tahun: 2025
Abstrak
Syakilla, 2025 Implementasi metode pembelajaran bermain peran dalam materi drama untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VIII MTs Al Khairaat Sindue. Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Hasnur Ruslan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran bermain peran dalam materi drama meningkat untuk keterampilan berbicara siswa MTs Al Khairaat Sindue. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimen yang terdiri dari satu kelas (one group) yaitu kelas eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al Khairaat Sindue; dengan jumlah siswa 12 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes naskah drama tragedi yang terdiri dari pre-test dan post-test yang dilakukan pada pertemuan pertama dan terakhir. Hasil pre-test kelas VIII MTs Al Khairaat Sindue adalah 46.38 sedangkan hasil post-test adalah 70.27. Dengan menerapkan tingkat signifikan 0.05, peneliti menemukan bahwa nilai t-hitung (8.62) lebih tinggi dari t-tabel (0.16). Kessimpulannya implementasi metode pembelajaran bermain peran dalam materi drama efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VIII MTs Al Khairaat Sindue. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran bermain peraan dapat diterapkan oleh guru dalam proses belajar megajar sebagai salah satu metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa, khususnya untuk siswa kelas VIII Smp maupun Mts. Kata Kunci: Bermain Peran,Meningkatkan,Berbicara,Drama

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up