| JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF PADA SISWA KELAS V SDN 8 LABUAN |
| Nama: SITI YULSETIAWATI |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Sitiyul Setiawati, 2025. Peningkatan Kemampuan Berbicara Berbasis Model Pembelajaran Kolaboratif Pada Siswa Kelas V SDN 8 Labuan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Ulfah dan (II) Sukma. Permasalahan dalam penelitian peningkatan kemampuan Berbicara Berbasis Model Pembelajaran Kolaboratif pada Siswa Kelas V SDN 8 Labuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara dengan perbasis model pembelajaran kolaboratif pada siswa Kelas V SDN 8 Labuan. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 8 Labuan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 8 Labuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes unjuk kerja. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah diperoleh pada siklus I menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berbicara pada aspek kelancaran, struktur kalimat, kosakata, intonasi dan pelafalan sangat baik. Peningkatan ini terlihat pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan dari 5% menjadi 81%. Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus I yaitu 75 dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 80. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Implementasi model pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN 8 Labuan. Kata kunci : Pembelajaran kolaboratif, kemampuan berbicara, PTK. |